pesona indonesia dpn
Melepas Stres dengan Mewarnai Pola-pola Batik Kontemporer
On February 3, 2016 | 0 Comments

pesona indonesia dpnBanyak motif dan lekuk grafis asli Indonesia yang menarik untuk diapresiasi. Batik sebagai seni grafis warisan leluhur Nusantara, salah satu contohnya… Jika cara mengapresiasi dengan mengenakan baju batik mungkin sudah banyak dilakukan. Bagaimana jika motif-motif batik itu kita warnai?

Banyak motif dan lekuk grafis asli Indonesia yang menarik untuk diapresiasi. Batik sebagai seni grafis warisan leluhur Nusantara, salah satu contohnya. Jika cara mengapresiasi dengan mengenakan baju batik mungkin sudah banyak dilakukan. Bagaimana jika motif-motif batik itu kita warnai?

Meluangkan waktu, untuk mewarnai ragam motif batik bisa menjadi aktivitas unik.  Namun, mewarnai batik di sini bukan menggunakan tetesan malam yang panas. Lebih tepatnya, mewarnai batik di atas kertas denganpensil warnaatau krayon. Ditambah lagi kegiatan ini bermanfaat untuk mengusir stres.

Terapi mewarnai gambar untuk orang dewasa sudah banyak dan menjadi tren. Bentuk-bentuk gambar yang diwarnai pun beraneka ragam. Namun, yang khas menggunakan motif batik kontemporer tidaklah banyak. Ragam bentuk floral, tumbuhan, dan hewan bergaya batik bisa dijumpai dalam buku Adult Coloring Book, Pesona Indonesia.

Buku yang disusun oleh tiga ilustrator: @ndesmonda, @doobeedoodle, dan @gigitzini nampak merayakan corak-corak alam Indonesia, seperti bunga, ikan, bentuk awan,  dunia hewan, dan banyak lagi.

Keistimewaan lain dari buku ini terdapat makna warna, seperti merah jambu/pink yang menciptakan suasana tenang  dan menyeimbangkan energi; violet menciptakan lingkungan yang damai; dan biru bermakna penyembuhan. Di bagian akhir buku ini teori warna dan teknik mewarnai seperti blocking, gradasi, finishing, dan mixing juga turut melengkapi.

Buku mewarnai untuk dewasa ini juga dijeda dengan qoute-qoute inspiratif yang membangkitkan motivasi dan semangat. Nah, jika tertantang mewarnai buku ini, silakan bersantai dan nikmati prosesnya, serta luangkan waktu antara 30 menit, untuk mendapatkan hasil rileksasi yang memuaskan.

 

pesona indonesia 2

 

 

Leave a reply