tuyul dpn
Kenali dan cintailah hantu-hantu asli Indonesia!
On October 19, 2015 | 0 Comments

tuyul dpn

Jika di dunia Barat sana ada drakula atau zombie, dan Jepang punya Sadako, Indonesia juga tidak kalah dengan barisan hantunya! Pastinya kamu sudah “kenal” dengan kuntilanak, pocong, atau tuyul. Tapi, tahu ‘enggak cerita asal-usul mereka?

Jika di dunia Barat sana ada drakula atau zombie, dan Jepang punya Sadako, Indonesia juga tidak kalah dengan barisan hantunya! Pastinya kamu sudah “kenal” dengan kuntilanak, pocong, atau tuyul. Tapi, tahu ‘enggak cerita asal-usul mereka?

Jangan cuma tahu cerita seramnya aja ya, tapi kamu juga perlu tahu cerita sejarah mereka jadi hantu. Hitung-hitung untuk menambah pengetahuanmu tentang hantu.

Kuntilanak

Salah satu hantu terkenal ini berkelamin perempuan dengan rambut panjang yang menjuntai, mukanya pucat, pandangan matanya kosong, bergaun putih, suka sekali berdiam diri di pohon, dan suka…tertawa. Wah, hantu yang punya selera humor. #eh

Menurut KBBI Online (beneran ada di KBBI!), kuntilanak (n) adalah hantu yang suka mengambil anak kecil, atau mengganggu wanita yang baru saja melahirkan. Namun… cerita yang sering kita dengar berbeda dengan deskripsi KBBI. Konon, kuntilanak adalah hantu dari perempuan yang meninggal dunia saat proses melahirkan. Arwah perempuan itu akan bergentayangan dan mengganggu orang-orang sekitar.

Pocong

Wujud hantu ini “unik” dan “berbeda” di antara hantu lainnya. Kalau di film-film hantu Indonesia, pocong “berjalan” dengan cara melompat. Namun, ada saksi yang mengatakan kalau dia bukan melompat, melainkan sekejap hilang lalu muncul di tempat lain, seolah-olah melompat…

Masih menurut KBBI Online, pocong (n) adalah wujud mayat yang dibalut kain kafan. Banyak asal-usul yang beredar tentang pocong. Ada yang menyebutkan bahwa pocong akan gentayangan saat tali pocong seseorang yang dikuburkan tidak dibuka. Selain itu, ada juga yang menganggap bahwa pocong yang bergentayangan adalah jin kafir yang ingin menakut-nakuti manusia.

Tuyul

Hantu khas Indonesia yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi, kan. Wujudnya seperti anak kecil dengan kepala gundul. Kalau kamu sering merasa kehilangan uang dalam jumlah tertentu, bisa jadi itu adalah ulah tuyul (bukan ulah kakak/adik yang butuh duit tuk beli pulsa internet). Konon, tuyul banyak dimanfaatkan manusia yang ingin cepat kaya dengan cara mencuri uang.

Masih ada banyak lagi hantu “khas” Indonesia. Sebagai manusia, kita tidak bisa mengenyampingkan “dunia lain” yang bersisian dengan dunia kita. Namun, tetap ingat semua itu hanya untuk sekadar tahu, bukan untuk disalahartikan ataupun disalahgunakan.

ilustrasi image dari sini

Leave a reply