Info

Meningkatkan Intelegensi Anak Lewat Permainan Kreatif

Dalam buku ini bisa kita temui aneka permainan yang dapat meningkatkan kemampuan visual-spasial, verbal-language, berhitung, kinestetik, dan komunikasi interpersonal anak Anda. Aneka permainan, dalam buku ini juga bertujuan membangun kedekatan orang tua dan buah hati lewat permainan yang diciptakan. Selain itu orang tua juga dapat menangkap kesukaan dan bakat-bakat yang sedang digali lewat proses bermain dan belajar itu.

Ada setumpuk tipe permainan anak. Sayangnya, tidak sedikit ditemui, permainan itu kadang mendatangkan biaya relatif mahal. Sebutlah, Play Station (PS) atau game-game yang memaku anak betah duduk di depan layar kaca. Atau mainan elektronik lainnya. Bukan tidak boleh. Tetapi anak juga perlu diingatkan agar bergerak dan menghidupkan permainan-permainan bisa meningkatkan kecerdasan-kecerdasan lain.

Anda bisa membatasi waktu anak dengan mengajaknya untuk membuat permainan kreatif dan mendidik. Anda juga bisa membantu anak belajar apa pun dari membaca hingga berhitung dengan permainan kreatif yang Anda ciptakan.

Bagaimana cara membuat permainan kreatif yang murah dan mudah? Pakailah barang sederhana yang ada di sekitar rumah. Seperti kaleng, koran, gelas berwarna, kertas bekas, atau bahkan tanpa alat sama sekali. Dari aneka bahan-bahan tersebut rancanglah aneka permainan yang menyenangkan.

Beberapa contoh misalnya:

• membuat puzzle dari kotak bekas makanan,
• membuat bentuk-bentuk geometris (kotak, bundar, segitiga) dari   
  kertas koran,
• bermain basket dengan bola yang dibuat dari kertas koran,
• menemukan warna lewat benda-benda di sekitar kita,
• mencocokkan warna tutup dengan gelasnya,
• lompat jingkat huruf, dan lainnya.

Contoh permainan di atas cocok untuk anak untuk usia 2 hingga 5 tahun yang  selengkapnya bisa Anda simak dalam buku 57 Permainan Kreatif untuk Mencerdaskan Anak. Buku ini ditulis oleh Umi Kayvan, seorang pengajar yang konsen pada dunia pendidikan anak. Umi meyakini rumah adalah sekolah terbaik bagi si kecil.

Dalam buku ini bisa kita temui aneka permainan yang dapat meningkatkan kemampuan visual-spasial, verbal-language, berhitung, kinestetik, dan komunikasi interpersonal anak Anda. Aneka permainan, dalam buku ini juga bertujuan agar membangun kedekatan orang tua dan buah hati lewat permainan yang diciptakan. Selain itu diharapkan orang tua juga bisa menangkap kesukaan dan bakat-bakat yang sedang digali lewat proses bermain dan belajar itu.

Buku ini juga dilengkapi video permainan untuk memandu orang tua dan anak saat bermain. Jadi selain menyimak teks dan visualisasi gambar pada buku, orang tua juga lebih terbantu dengan melihat video penyerta tersebut.

Melalui ragam permainan kreatif yang disajikan dalam buku ini, orang tua dan anak diharapkan tidak akan kehabisan ide soal bermain sembari belajar. Hal ini juga sebagai upaya mengalihkan mata anak saat melihat tontonan televisi yang tidak tepat.

Melalui buku ini, orang tua diharapkan tidak melewatkan masa-masa bermain saat usia anak di bawah lima tahun.Banyak permainan kreatif yang dapat meningkatkan intelegensi anak lewat bermain dan belajar secara menyenangkan.

Buku 57 Permainan Kreatif untuk Mencerdaskan Anak memberikan solusi yg  mengasyikkan, mudah, murah, dan memeriahkan keceriaan dalam pendampingi anak untuk bermain secara positif dan kreatif. Buku ini diterbitkan oleh mediakita.

Bookmark and Share



Profil Penulis

Umi Kayvan adalah ibu yang sangat mencintai dunia anak. Baginya rumah adalah “madrasah terbaik bagi si kecil.” Mengutip Ali bin Abi Thalib: “Anakmu bukan milikmu, tetapi milik zamannya. Sejarahnya, tantangannya! Jangan biarkan ia menjelma sepertimu. Biarkan dia memiliki semua jawaban bagi zamannya.”

Berikut pengalamannya terlibat dalam berbagai kegiatan:
1. Guru TK Libaasuttaqwa Bandung (1999-2000).
2. Pelatihan pendidikan anak dan remaja DKM Libaasuttaqwa Bandung (2000).
3. Instruktur pelatihan merajut Kelompok Usaha Mandiri (KUM) DPU Daarut Tauhid Bandung (2001-2002).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *