Animasi adalah simulasi gerakan yang dibuat dengan memamerkan gambar berseri atau kumpulan frame. Jika pernah memainkan ujung kanan buku dan dibuka dengan cepat, maka seperti itulah prinsip dasar dari animasi; nomor halaman buku terlihat seperti bergerak dan bergantian hingga habis. Kartun di televisi adalah salah satu contoh dari animasi. Animasi di komputer merupakan salah satu bentuk dari bumbu presentasi multimedia.
Animasi adalah simulasi gerakan yang dibuat dengan memamerkan gambar berseri atau kumpulan frame. Jika pernah memainkan ujung kanan buku dan dibuka dengan cepat, maka seperti itulah prinsip dasar dari animasi; nomor halaman buku terlihat seperti bergerak dan bergantian hingga habis. Kartun di televisi adalah salah satu contoh dari animasi. Animasi di komputer merupakan salah satu bentuk dari bumbu presentasi multimedia.
Ada banyak aplikasi perangkat lunak yang dapat membuat animasi serta menampilkan di layar monitor. Perangkat lunak yang cukup terkemuka dan menjadi alat bantu bagi para animator dua dimensi adalah flash. Sekadar info, flash kini telah diadopsi oleh Adobe, sebelumnya dimiliki oleh Macromedia. Tampilan antarmuka (interface) Flash CS3 ini nampak lebih memudahkan pengguna.
Jika terbiasa menggunakan program desain grafis seperti Photoshop, Freehand, ataupun Coreldraw Anda akan menemui beberapa kemiripan pada fitur Flash CS3. Bedanya pada panel timeline dan kumpulan garis frame. Program serupa pengolah animasi dua dimensi dapat ditemukan pada Swish 2.0.
Namun kali ini Island Script mengajak kita untuk menyimak dan menjejaki buku Panduan Mudah Membuat Animasi dengan software Flash CS3. Dalam buku setebal 111 halaman ini, komunitas penggemar program-program komputer ini memberikan 14 tutorial Flash. Rata-rata satu karakter seperti ulat, kepompong, daun, ataupun pohon dapat dikerjakan kurang dari 10 menit dalam latihan ini. Nah, untuk memudahkan latihan, buku ini dilengkapi dengan CD video tutorial dan file latihan.
Dalam buku ini diberikan metode langkah demi langkah. Sebagai contoh cara pembuatan karakter animasi dan beragam latihan. Ke-14 latihan ini bertujuan meraba beragam fitur dalam interface Flash CS3. Dengan demikian mata dan tangan menjadi terbiasa. Sejalan dengan metode learning by doing ini, maka otak pun bisa memahami dan merangsang daya kreasi otak kanan.
Jadi, membuat animasi sebenarnya bisa dilakukan siapapun. Tak ada sarat ataupun patokan khusus untuk mengawali pekerjaan kreatif ini. Latihan yang rutin dan segera menerjemahkan ide-ide dalam bentuk gerakan dan film sederhana bisa mengasah keprigelan menjadi animator.
Panduan Mudah Membuat Animasi diterbitkan oleh mediakita.