Frontpage Slideshow | Copyright © 2006-2012 JoomlaWorks Ltd.

Buku Baru

571 Variasi Rangkaian Nama Bayi Indah dan Islami

Memberikan nama merupakan salah satu kewajiban orangtua kepada anaknya. Dan, merupakan harta pertama yang diberikan orangtua kepada anaknya. Dengan demikian, pemberian sebuah nama tidak boleh dilakukan sembarang dan asal-asalan. Akan tetapi, harus merujuk kepada sebagaimana yang diajarkan oleh Nabi saw.

Yaitu, nama yang diberikan harus baik maknanya. Sebab, nama yang baik yang diberikan adalah hak seorang anak dari orangtuanya. Dalam satu hadits disebutkan, seseorang datang kepada Nabi saw dan bertanya, ”Ya Rasulullah, apa hak anakku ini?” Nabi saw menjawab, “Memberinya nama yang baik, memperbaiki adabnya (sopan santun) dan menempatkannya pada kedudukan (posisi) yang baik (fisik dan spiritual)" (HR Aththusi).

Sebaliknya, Nabi juga melarang memberikan nama dengan nama-nama yang berkonotasi negatif, seperti, nama-nama neraka, yang mengandung arti jelek, celaka, dan jahat. Sebab, nama-nama tersebut bisa berpengaruh terhadap karakteristik pemiliknya. Dalam satu hadits diceritakan bahwa seseorang datang kepada Nabi saw, beliau pun bertanya, "Siapa namamu?" Ia menjawab, "Hazin." Nabi berkata, "Namamu Sahl." Hazin berkata, "Aku tidak akan mengubah nama pemberian bapakku." Ibnu Al-Musayyib berkata, "Orang tersebut senantiasa bersikap keras terhadap kami setelahnya." (HR Bukhari)

Bahkan, berdasarkan penelitian di California, seperti ditulis The Sunday Times, 29 Maret 1998, disebutkan bahwa pria dengan inisial nama yang berkonotasi negatif tidak berumur lebih panjang dibandingkan dengan pria yang memiliki inisial nama berkonotasi positif.

Selain itu, kita juga tidak boleh memakai nama Allah dan sifat-sifatnya, kecuali dirangkaikan dengan nama Abul, misalnya Abullah, Abul Basith, dan Abdul Kariim. Sebab, nama-nama itu hanya khusus milik Allah SWT.

Berkaitan dengan hal-hal di atas, mediakita menerbitkan buku 571 Variasi Rangkaian Nama Bayi Islami yang disusun oleh Diah Hartati. Buku ini berisi tentang nama-nama yang baik, indah, dan Islami, baik bagi bayi laki-laki maupun perempuan.

Melaui buku ini, orangtua atau siapa saja yang ingin memberikan suatu nama kepada seseorang akan lebih mudah dalam mencari nama-nama yang akan diberikan. Karena mencarikan nama yang baik, indah, dan Islami itu tidaklah mudah, lebih-lebih apabila penguasaan bahasa Arabnya sangat minim.

Buku ini sangat penting dimiliki. Sebab, bisa dikatakan, setiap orang pasti akan memiliki anak, cucu, saudara, dan akan selalu berhubungan dengan nama-nama. Sedangkan, sebagaimana yang dituntut ajaran Islam, nama-nama yang diberikan harus baik maknanya dan Islami atau berkonotasi positif. Selain itu, nama juga merupakan identitas seseorang seumur hidupnya. Jika namanya jelek, ia akan memiliki identitas yang jelek pula dari namanya. Adapun, jika namanya baik,ia akan mendapatkan identitas yang baik pula dari namanya tersebut.  Selain itu, nama juga merupakan doa bagi pemiliknya. Dan, doa adalah tergantung makna yang terkandung di dalamnya.

Selain membahas variasi rangkaian nama bayi Islami, buku ini, juga disertai 1001 nama dan artinya. Sehingga, pembaca bisa mengetahui arti dan makna dari masing-masing nama tersebut, baik dalam satu rangkaian nama maupun per suku kata.